contoh perencanaan Usaha Toko Online
Latihan 5
| Perhitungan biaya untuk memulai usaha yang akan di buka. Adapun bagan yang akan dibuat adalah sebagai berikut: |
| Uang Masuk | |
| Uang yang tersedia sekarang | 2.700.000 |
| Uang-uang lain yang tersedia sebelum memulai usaha | 11.250.000 |
| Jumlah uang Masuk (A) | 13.950.000 |
| Biaya Pembelian Makanan | 2.100.000 |
| Sewa | 1.500.000 |
| Pengeluaran lain-lain | |
| Listrik | 900.000 |
| Telepon | 1.500.000 |
| Transportasi | 1.800.000 |
| Biaya sekolah anak | - |
| Jumlah (B) | 7.800.000 |
| Jumlah Uang untuk investasi usaha (A-B) | 6.150.000 |
Biaya menunjang kehidupan adalah aspek yang berhubungan dengan kebutuhan hidup, dimana aspek tersebut berpengaruh untuk kelanjutan hidup, maka dapat dispesifikan dimana termasuk dari biaya pembelian makanan, listrik, telepon, transportasi dan biaya sekolah anak.
Biaya menunjang kehidupan:
-Pembelian Makanan Rp. 700.000/bulan maka Rp. 2.100.000/3 bulan
-Listrik Rp. 300.000/bulan maka Rp. 900.000/3 bulan
-Telepon Rp. 500.000/bulan maka Rp.1.500.000/3 bulan
Rp.2.100.000
Rp.7.800.000
Keterangan:
Biaya pembelian makanan sebesar Rp. 2.700.00 dengan cara perhitungan, dimana biaya untuk menunjuang kehidupan sebesar Rp. 2.100.000/bulan dan di perkirakan untuk biaya pembelian makanan setiap bulanya sebesar Rp.900.000 dimana uang tersebut diambil dari total biaya kehidupan yang telah diketahui setiap bulanya, maka jika dalam jangka 3 bulan dapat diketahui biaya pembelian makanan menjadi Rp. 2.700.000.
Biaya sewa yang tertera di dalam kasus tersebut sebesar Rp. 500.000/bulan, maka jika dalam waktu 3 bulan akan membutuhkan uang sebannyak Rp. 1.500.000.
Untuk biaya listrik setiap bulanya ditafsirkan sebesar Rp. 100.000, dimana biaya menunjang kehidupan 2.100.000 dan uang listrik termasuk aspek kehidupan. Maka untuk biaya listrik dapat ditotalkan sebesar Rp. 300.000/3 bulan.
Untuk biaya telepon, diperkirakan sebesar Rp. 400.000/bulan, maka untuk waktu 3 bulan sebesar Rp. 1.200.000.
Untuk biaya transportasi, dimana transportasi termasuk biaya yang menunjang kehidupan. Diperkirakan sebesar Rp. 300.000/bulan maka untuk jangka waktu 3 bulan sebesar Rp. 900.000.
Biaya sekolah anak diperkirakan sebesar Rp. 400.000/bulan dan untuk waktu 3 bulan sebesar Rp. 1.200.000.
Jika dilihat dari peraturan secara umum oleh perbankan, biasanya pihak bank tidak akan memberikan pinjaman kepada calon nasabah atau nasabah yang tidak memiliki pendapatan perpbulanya. Maka bisa diambil kesimpulan Edy tidak dapat melakukan peminjaman ke bank karena syarat yang belum bisa di penuhi oleh edy.
Latihan 7
| Anda dan Gagasan Usaha Anda |
| Nama Perusahaan yang saya usulkan : Gold’s Butique Online |
| Jenis Perusahaan yang akan saya jalankan : Toko Butik Online |
| Perusahaan saya akan menjual : Saya memutuskan untuk menjual produk khusus wanita seperti Baju, celana, tas, sepatu, Terusan, Atasan, assesories, bross, dll, namun saya harus sudah memutuskan tentang Supplay. Supply = Demand, Idealnya kita harus research untuk memastikan demand yang jelas. Setelah demand jelas, dan saya akan memastikan dari mana sumber barang tersebut dimana dapat menjamin pasokan secara berkelanjutan. Saya akan memastikan sumber barang yang saya pilih memberikan harga yang terbaik dalam arti harga paling murah dan mutu terjamin, karena prinsip dagang yang usianya ribuan tahun adalah beli semurah-murahnya, agar dapat menjalankan keunggulan Gold’s Butique dalam memberikan harga yang terbaik di hati pelanggan. |
| Pelanggan yang ingin saya raih : Kalangan wanita Remaja : 15 tahun - 19 tahun Dewasa : 20 ke atas |
| Perusahaan saya akan memberikan kepuasan dalam hal: 1. Model pakaian yang Up to Date 2. Model dan Produk Terbatas (hanya ada di butik kami) 3. Memiliki discount pada banyak tertentu 4. Memiliki discount yang menarik di setiap pembelian yang mencapai jumlah yang telah ditetapkan 5. Lebih terjangkau 6. Menyediakan layanan konsultasi langsung dengan pihak butiq 7. Menerima request Item tertentu yang mungkin tidak ada di daftar pakaian 8. Sistem antar ke tempat dgn waktu yang cepat |
| Anaisis SWOT terhadap perusahaan saya : Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar) yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats. Metode ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi bukan sebagai pemecah masalah. Analisis SWOT terdiri dari empat faktor, yaitu: Strengths (kekuatan) - Produk produk yang di jual adalah produk berkualitas Import - Limited Produk - Harga yang ditawarkan sangat terjangkau - Memiliki berbagai potongan dan diskon - Mengirim barang tepat waktu - Bertanggung jawb atas produk yang bermasalah Weakness (Kelemahan) - Belum memiliki jarinan yang luas - Nama butik belum terkenal - Masih dalam tahap mencari pelanggan - Kendala dalam hal kepercayaan antara pelanggan dengan pihak Butik Opportunities (peluang) - Bergabung dengan butik yang sejenis (bekerja sama dalam produk) - Membentuk citra perusahaan dengan baik, dimana kita tahu pada saat ini banyak transaksi online dalam membeli barang dimana pelayanannya yang kurang efektif - Menjadi pemasok pada jenis usaha yang lebih kecil Threats (ancaman) - Banyaknya calon pelanggan/pelanggan yang melakukan penipuan dengan pihak Butik, dimana identitas pelanggan disamarkan - Data butiq yang hilang - Keterbatasan biaya dalam memulai bisnis tersebut |
Latihan 8
| Apakah anda sudah siap untuk memulai Usaha: |
| 1. Apakah anda telah memutuskan produk/jasa apa yang akan anda jual? Sudah Saya akan menjual produk jenis pakaian, sepatu, tas, assesories, celana untuk perempuan dan membuka sebuah butik dengan membuat toko onlinenya. |
| 2. Apakah anda sudah tahu siapa yang akan menjadi pelanggan anda? Sudah Yang menjadi pelanggan saya adalah para wanita remaja dan dewasa, dimana mereka adalah wanita yang mencintai fashion. |
| 3. Sudahkah anda menanyakan pelanggan anda yang potensial, apa pendapat mereka tentang produk/jasa anda? Sudah Pendapat mereka sangat menarik, dimana layanan yang akan diberikan mengutamakan kepuasan pelanggan, harga terjangkau, dapat berkomunikasi langsung dengan staff Gold’s Butique via internet dan megusulkan model yang diinginkan oleh pelanggan jika tidak ada di dalam daftar list. |
| 4. Apakah anda tahu siapa yang akan menjadi pesaing usaha anda? Tahu, Yang menjadi pesaing usaha saya adalah toko online jenis yang sama dengan Gold’s Butique, seperti pada saat ini banyak toko online jenis pakaian yang menawarkan berbagai macam pelayanan dan ide kreatif, dimana trik tersebut dapat memancing atau mengambil perhatian calon pelanggan atau pelanggan. Adapun beberapa nama butiq yang merajai internet adalah Toko bagus, Butikonlineku.com, The Reds Butique, store.co.id, dll |
| 5. Apakah anda tau berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing anda? Tahu Pada Store.co.id adalah sebagai berikut:Untuk pakaian terusan seharga ± Rp 249.500,-Untuk Kaos seharga ± Rp 69.500,-Untuk kemeja lengan panjang ± Rp 78.000,-Untuk Tas ± Rp 78.000,-Untuk Blouse Kerja ± Rp 88.000,- Dimana harga diatas sudah dilakukan pemotongan diskon. |
| 6. Apakah anda tau kekuatan dan kelemahan pesaing usaha anda? Sudah Sblum memulai usaha kita harus mengedintifikasi saingan-saingan kita, sebagai referensi kita dalam memulai bisnis kita, jika tidak maka kita dapat memperoleh kegagalan atau tidak tercapainya tujuan utama perusahaan. |
| 7. Sudahkan Anda membuat perkiraan tentang penjualan Anda ? Sudah Saya memperkirakan hasil penjualan dari tahap awal dimana secara grafik harus meningkat, dan paling tidaknya menetap pada level yang sebelumnya. Hal ini dapat menjaga ke efisienan hasil penjualan pada Gold’s Butique. |
| 8. Apakah Anda telah memutuskan berapa harga barang atau jasa yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan Anda ? Sudah, dengan harga awal sebagai berikut: Untuk pakaian terusan seharga ± Rp 199.500,- sampai Rp. 278.000Untuk Kaos seharga ± Rp 59.500,- sampai Rp. 123.000Untuk kemeja lengan panjang ± Rp 68.000,- sampai Rp. 240.000Untuk Tas ± Rp 69.000,- sampai Rp. 1.300.000Untuk Blouse Kerja ± Rp 76.000,- sampai 320.000 |
| 9. Apakah Anda telah memilih lokasi usaha ? Sudah Pusat kota dimana tempat tersebut banyak disinggahi oleh wanita khususnya wanita remaja dan wanita muda atau tempat perkumpulan-perkumpulan para wanita untuk menghabiskan waktunya. |
| 10. Apakah Anda telah memilih cara pendistribusian yang akan digunakan untuk barang atau jasa Anda ? Sudah Pendistribusian dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: a. Membuka penjualan di pameran-pameran dan bazar b. Menerima pemesanan atau memasok pada toko-toko yang menginginkan produk Gold’s Butique untuk mereka jual kembali. c. Mendukung acara fashion-fashion tertentu d. Mendukung kegiatan-kegiatan tertentu dan menjual produk di daerah tersebut |
| 11. Apakah Anda telah memutuskan jenis promosi apa yang akan Anda gunakan ? Promosi membutuhkan budget, namun budget yang besar belum tentu efektif jika tidak dapat menjangkau target market, yang ada malah membuat harga barang menjadi semakin mahal dan tidak kompetitif. Menurut saya, promosi yang terbaik dan paling murah adalah pertemanan kita. Bisa dengan menghadiri arisan, pertemuan organisasi wanita karena disanalah waktu yang tepat untuk menjaring prospek. Meminjamkan baju untuk sesi pemotretan atau shooting sinetron atau infoteinment juga sangat efektif dan tidak memakan biaya besar. Mengikuti pameran dan bazar juga sangat ampuh namun biaya yang dikeluarkan tidak sedikit malah kadang tidak langsung seketika berdampak pada butik. Iklan di majalah atau surat kabar juga sangat efektif, namun berbiaya besar, sehingga perhitungannya harus cermat dan matang. |
| 12. Apakah Anda tahu berapa biaya promosi yang akan Anda gunakan ? Sudah Jumlah biaya promosi harus di minimalis namun menghasilkan promosi yang sampai pada tujuan utama promosi. dana promosi tidak akan melewati keuntungan yang di dapatkan pad Gold’s Butique. |
| 13. Apakah Anda telah memutuskan bentuk usaha resmi yang akan digunakan untuk usaha Anda ? Belum |
| 14. Apakah Anda telah memutuskan karyawan apa yang Anda perlukan ? Sudah Jika butik kecil bisa meminta bantuan anggota keluarga, saudara atau teman untuk menjaga jika kita berhalangan, namun kalau sudah semakin besar kita harus menggaji pegawai. Saya akan memastikan asal usul pegawai yang akan saya terima, sehingga jika terjadi suatu masalah saya tahu kemana harus mencari dan menuntutnya. memastikan pegawai tersebut ramah dan penuh inisiatif, dan sudah di training etiket dan pengetahuan mode dan trend. Saya sering ke butik yang sangat mewah namun pegawainya kurang cekatan, saya jadi tidak berniat lagi, dimana tadinya ingin senang malah membuat saya kecewa, maka saya langsung balik badan untuk keluar dari butiq tersebut, Saya sadar mencari pegawai itu seperti mencari jodoh. Kadang sudah cocok, dia sudah pintar dan langganan sudah cocok sama dia, malah dia dirampok oleh kompetitor kita. Oleh karena itu saya harus membuat kiat-kiat tertentu agar karyawan yang demikian tetap betah bekerja di butiq saya. Saya akan membagi pegawai dengan posisi, ada yang khusus ngurusin stock barang, staff admin untuk pelanggan via Online dan keuangan dan pastinya orang yang jujur. Saya juga harus membuat mekanisme untuk meminimalisir kecurian. Pengalaman pihak butiq justru lebih sering kecurian oleh pegawai dari pada pengunjung. Pencurian memang tidak dapat dicegah, namun saya percaya dapat diminimalisir dengan pengawasan ketat dan berkala. |
| 15. Apakah Anda tahu tanggung jawab formal yang berkaitan dengan karyawan Anda ? Tanggung jawab formal yang berkaitan dengan karyawan saya adalah |
| 16. Apakah Anda tahu semua persyaratan formal bagi usaha Anda ? Tidak tahu semua, namun beberapa saya tahu yaitu: - Memiliki surat ijin usaha - Memiliki NPWP |
| 17. Apakah Anda tahu ijin usaha/sertifikat apa yang Anda perlukan ? Sudah, namun hanya sebahagian yaitu: - Surat ijin dari RT/RW setempat |
| 18. Apakah Anda tahu berapa biaya untuk ijin usaha/sertifikat ? Belum mengetahui secara pasti, namun tetap akan dibuat ijin usaha pada Gold’s Butique. Jika diperhitungkan secara kasar, biayanya kisaran Rp..1.000.000. Perusahaan selalu berupaya agar menghindari gangguan dalam usahanya melalui perpajakan atau peraturan. Dengan melakukan sesuatu kebenaran secara sukarela maka mereka akan dapat meyakinkan pemerintah dan masyarakat luas bahwa mereka sangat serius dalam memperhatikan masalah kesehatan dan keselamatan, diskriminasi atau lingkungan hidup maka dengan demikian mereka dapat menghindari intervensi. |
| 19. Apakah Anda telah memutuskan jenis asuransi yang diperlukan untuk usaha Anda ? Sudah, Saya akan mengikuti asuransi unit link, dimana unit link adalah produk gabungan antara asuransi dan investasi pada reksadana. Namun sebelumnya saya tentu harus pecah dulu produk unit link dan membandingkannya satu per satu dengan saingan. |
| 20. Apakah Anda tahu berapa biaya untuk asuransi yang Anda perlukan ? Belum |
| 21. Apakah Anda telah membuat prediksi penjualan pada tahun pertama ? Sudah Pada tahun pertama, Gold’s boutique hanya mengambil sedikit keuntungan, dimana teknik ini menarik minat pelanggan untuk mencoba dan nyaman berbelanja di butik saya, maka untuk kelanjutanya saya susun srategi untuk mendapat pendaptan yang lebih baik lagi namun tetap mempertahankan pelanggan dengan pelayanan terbaik . |
| 22. Apakah Anda telah membuat prediksi pendapatan dari penjualan pada tahun pertama ? Sudah Jika pada tahun pertama dimana memiliki lama waktu 12 bulan, maka untuk 2 bulan pertama saya hanya mengambil untung sedikit karena titik utama saya adalah mencari pelanggan agar pelanggan tersebut menjadi pelanggan setia butik saya, dan menawarkan pelayanan-pelayanan yang menarik, agar pelanggan puas dan merasa senang berada di butik saya. Dan untuk bulan ketiga dan keempat akan sedikit meningkat dan tetap perlahan-lahan, dan mempertahankan pelayanan terbaik untuk pelanggan, karna kepuasan pelanggan sangat diutamakan dimana pelanggan dulayani dengan baik maka biasanya pelanggan tidak agan keberatan untuk mengeluarkan uangnya walaupun harga yang semakin lama akan semaki tinggi, namun tetap menjaga kestabiln harga produk yang akan dijual. |
| 23. Apakah Anda telah membuat rencana keuntungan dan kerugian pada tahun pertama ? Belum |
| 24. Apakah rencana keuntungan dan kerugian menunjukkan keuntungan pada tahun pertama ? Rencana keuntungan dan kerugian pada tahun pertama belum diketahui karena masih merupakan bisnis planning, dimana bisnis tersebut masih dalam tahap perencanaan. |
| 25. Apakah Anda telah membuat rencana cashflow ? Rencana cashflow harus dibuat pada usaha, karena sangat efisien untuk menunjukkan rotasi pergerakan usaha butik tersebut dan agar mengetahui arus kas atau pendapatan dan kerugian yang terjadi pada Gold’s Butique. |
| 26. Apakah rencana cashflow menunjukkan bahwa Anda tidak akan menggunakan uang keluar pada enam bulan pertama dalam pelaksanaan usaha Anda ? Belum dapat saya diketahui. |
| 27. Apakah Anda telah menghitung jumlah modal awal yang Anda perlukan untuk memulai usaha ? Saya telah menghitung dengan perkiraan dengan total Rp. 150.000.000 |
| 28. Apakah Anda telah mengumpulkan dana untuk semua modal awal bagi usaha Anda ? Belum Saya belum memiliki modal untuk memulai usaha ini. |
| 29. Apakah Anda telah membuat perkiraan nilai aset yang dapat Anda gunakan untuk jaminan apabila Anda meminta pinjaman ? Belum |
| 30. Apakah Anda merasa yakin untuk memulai usaha Anda ? Belum |
Latihan 9
Mengedintifikasi Pelanggan
| Karakteristik | Profil Pelanggan |
| Siapa yang akan menjadi pelanggan anda | Yang menjadi pelanggan saya adalah kaum wanita muda |
| Berapa umur pelanggan anda? | Remaja umur 15tahun sd 21tahun Dewasa umur 21 ke atas |
| Jenis kelamin pelanggan? | Perempuan |
| Lokasi? | Keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan oleh lokasi usaha tersebut. Setelah menentukan target baru memilih lokasi di mana target berkumpul. Misalnya, jika kita menjual barang untuk ABG lokasi terbaiknya adalah didekat sekolah favorit, bukan di Senci atau di Kemang. Jika target kita very high society, tempat yang pas adalah tempat yang sekelas Senci, bukan di ITC Cempaka Mas Maka dengan itu, saya memilih lokasi di pusat kota, dimana tempat tersebut banyak disinggahi/dilalui dan merupakan tempat para wanita remaja dan dewasa untuk berkumpul. |
| Tingkat gaji pelanggan? | - |
| Kapan pelanggan membeli produk anda? | Kapan saja dan dimana saja, pelanggan dapat membeli produk Gold’s boutique. Jika pelanggan masih ragu jika hanya melihat dari internet, maka calon pelanggan/pelanggan dapat mendatangi toko Gold’s butikque. |
| Berapa harga yang mau dibayar oleh pelanggan? | Perilaku konsumen yang teramati dari pembelian konsumen merupakan salah satu tahap dari proses pembuatan atau pengambilan keputusan konsumen ( consumer decision making ). Proses pengambilan kepurusan konsumen meliputi serangkaian kegiatan mulai dari identifikasi kebutuhan pencarian alternatif, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan evaluasi perilaku purna beli, maka belum dapat diketahui nominal uang, dimana pelanggan akan membeli barang tertentu. Karena masing-masing dari item memiliki harga yang berbeda-beda. |
| Berapa banyak pelanggan yang akan membeli? | Belum dapat dijelaskan dengan jumlah pelanggan yang akan datang, maka pada penjualan akan dibuat target tertentu, sehingga dapat di tafsir berapa banyak pelanggan yang akan membeli, namun itu dpat diketahui pada saat usaha tersebut sudah berjalan minimal selama 1 bulan. Dimensi-dimensi Dalam Pencarian Oleh Konsumen Kadar Pencarian adalah Berapa banyak merek yang diperiksa?, Berapa banyak toko yang dikujungi, Berapa banyak atribut yang dipertimbangkan, Berapa banyak sumber informasi yang dikonsultsikan?, Berapa banyakwaktu dihabiskan dalam pencarian?, Arah Pencarian, Merek mana yang diepriksa?, Toko mana yang dikunjungi? Atribut mana yang diertimbangkan?, Sumber informasi mana yang dikonsultasikan?, Urutan Pencarian, Dalam urutan apa merek-merek diperiksa?, Dalam urutan apa took-toko dikunjungi?, Dalam urutan apa informasi mengenai atribut produk diproses?, Dalam urutan apa sumber informasi dimintai pertimbangan? |
| Besarnya pasar yang akan datang? | Pasar yang akan datang dapat dipastikan akan meningkat, dan penawaran yang diberikan akan semakin bersaing. Maka Gold’s boutique harus inovatif dan kretatif untuk mempertahankan tingkat penjualan dan bahkan meningkatkan tingkat penjualan. |
Latihan 10
Mengedintifikasi Pesaing
| Karakteristik Pesaing | Produk Usaha saya | Produk Pesaing A | Produk Pesaing B | Produk Pesaing C |
| Nama : Alamat : Telepon: | Gold’s Butique Medan 0622-4583972 | Store.co.id Jakarta (+62) 21280400 | Shoppingholic Butik Jakarta 082454637737 | Butik Shop Semarang 089655441043 |
| Harga | Rp.100.000 sd Rp. 156.000 | Rp. 245.000 sd Rp. 389.000 | Rp. 220.000 sd Rp. 379.000 | Rp. 350.000 sd Rp. 680.000 |
| Kualitas | Import | Import | Import | Import |
| Ketersediaan | Tersedia berbagai warna dan ukuran | Tersedia berbagai warna dan ukuran | Tersedia berbagai ukuran | Tersedia berbagai ukuran |
| Pelanggan | Wanita remaja dan dewasa | Wanita dewasa | Wanita dewasa | Wanita dewasa |
| Keterampilan staff | Baik | Baik | Kurang baik | Kurang baik |
| Reputasi | Baik | Baik | Kurang baik | Kurang baik |
| Iklan | Melalui facebook, website, bajar, pameran dan acara tertentu lainya., | Facebook, | Facebook | facebook |
| Pengiriman | Antar termpat | Antar tempat | Antar empat | Antar tempat |
| Lokasi/tempat | Perkotaan (medan) dan internet | Jakarta dan via Internet | Internet | internet |
| Penawaran khusus (kredit, diskon) | Kredit dan Diskon | Diskon | Kredit dan diskon | Kredit dan diskon |
| Layanan puma jual | Barang terlebih dahulu dikirim, baru uang akan di trasfer | Ada uang maka barang dikirim | Ada uang maka barang dikirim | Ada uang maka barang dikirim |
| Peralatan | Tidak pasti | Tidak pasti | Computer online | Computer online |
| Jumlah penjualan | Tidak pasti | Tidak pasti | Tidak pasti | Tidak pasti |
Latihan 11
| Tulis semua produk, jasa atau jenis-jenis produk yang akan Anda jual melalui perusahaan Anda, dan tulislah karakteristik dari setiap produk, seperti : kualitas, warna, ukuran, kemasan, suku cadang, dan perbaikan. |
| Karakteristik | Produk, jasa atau jenis-jenis produk | |||
| 1 | 2 | 3 | 4 | |
| Kualitas | Import | Interlokal | Lokal | Rendah |
| Warna | Bervariasi | Bervariasi | Bervariasi | Bervariasi |
| Ukuran | Semua ukuran | Semua ukuran | Terbatas | Terbatas |
| Kemasan | Unik | Unik | Unik | Biasa |
| Suku cadang | Ada | Tidak Ada | Ada | ada |
| Perbaikan | Tersedia | Tersedia | Terbatas | Tidak tersedia |
Latihan 5
| Perhitungan biaya untuk memulai usaha yang akan di buka. Adapun bagan yang akan dibuat adalah sebagai berikut: |
| Uang Masuk | |
| Uang yang tersedia sekarang | 2.700.000 |
| Uang-uang lain yang tersedia sebelum memulai usaha | 11.250.000 |
| Jumlah uang Masuk (A) | 13.950.000 |
| Biaya Pembelian Makanan | 2.100.000 |
| Sewa | 1.500.000 |
| Pengeluaran lain-lain | |
| Listrik | 900.000 |
| Telepon | 1.500.000 |
| Transportasi | 1.800.000 |
| Biaya sekolah anak | - |
| Jumlah (B) | 7.800.000 |
| Jumlah Uang untuk investasi usaha (A-B) | 6.150.000 |
Biaya menunjang kehidupan adalah aspek yang berhubungan dengan kebutuhan hidup, dimana aspek tersebut berpengaruh untuk kelanjutan hidup, maka dapat dispesifikan dimana termasuk dari biaya pembelian makanan, listrik, telepon, transportasi dan biaya sekolah anak.
Biaya menunjang kehidupan:
-Pembelian Makanan Rp. 700.000/bulan maka Rp. 2.100.000/3 bulan
-Listrik Rp. 300.000/bulan maka Rp. 900.000/3 bulan
-Telepon Rp. 500.000/bulan maka Rp.1.500.000/3 bulan
Rp.2.100.000
Rp.7.800.000
Keterangan:
Biaya pembelian makanan sebesar Rp. 2.700.00 dengan cara perhitungan, dimana biaya untuk menunjuang kehidupan sebesar Rp. 2.100.000/bulan dan di perkirakan untuk biaya pembelian makanan setiap bulanya sebesar Rp.900.000 dimana uang tersebut diambil dari total biaya kehidupan yang telah diketahui setiap bulanya, maka jika dalam jangka 3 bulan dapat diketahui biaya pembelian makanan menjadi Rp. 2.700.000.
Biaya sewa yang tertera di dalam kasus tersebut sebesar Rp. 500.000/bulan, maka jika dalam waktu 3 bulan akan membutuhkan uang sebannyak Rp. 1.500.000.
Untuk biaya listrik setiap bulanya ditafsirkan sebesar Rp. 100.000, dimana biaya menunjang kehidupan 2.100.000 dan uang listrik termasuk aspek kehidupan. Maka untuk biaya listrik dapat ditotalkan sebesar Rp. 300.000/3 bulan.
Untuk biaya telepon, diperkirakan sebesar Rp. 400.000/bulan, maka untuk waktu 3 bulan sebesar Rp. 1.200.000.
Untuk biaya transportasi, dimana transportasi termasuk biaya yang menunjang kehidupan. Diperkirakan sebesar Rp. 300.000/bulan maka untuk jangka waktu 3 bulan sebesar Rp. 900.000.
Biaya sekolah anak diperkirakan sebesar Rp. 400.000/bulan dan untuk waktu 3 bulan sebesar Rp. 1.200.000.
Jika dilihat dari peraturan secara umum oleh perbankan, biasanya pihak bank tidak akan memberikan pinjaman kepada calon nasabah atau nasabah yang tidak memiliki pendapatan perpbulanya. Maka bisa diambil kesimpulan Edy tidak dapat melakukan peminjaman ke bank karena syarat yang belum bisa di penuhi oleh edy.
Latihan 7
| Anda dan Gagasan Usaha Anda |
| Nama Perusahaan yang saya usulkan : Gold’s Butique Online |
| Jenis Perusahaan yang akan saya jalankan : Toko Butik Online |
| Perusahaan saya akan menjual : Saya memutuskan untuk menjual produk khusus wanita seperti Baju, celana, tas, sepatu, Terusan, Atasan, assesories, bross, dll, namun saya harus sudah memutuskan tentang Supplay. Supply = Demand, Idealnya kita harus research untuk memastikan demand yang jelas. Setelah demand jelas, dan saya akan memastikan dari mana sumber barang tersebut dimana dapat menjamin pasokan secara berkelanjutan. Saya akan memastikan sumber barang yang saya pilih memberikan harga yang terbaik dalam arti harga paling murah dan mutu terjamin, karena prinsip dagang yang usianya ribuan tahun adalah beli semurah-murahnya, agar dapat menjalankan keunggulan Gold’s Butique dalam memberikan harga yang terbaik di hati pelanggan. |
| Pelanggan yang ingin saya raih : Kalangan wanita Remaja : 15 tahun - 19 tahun Dewasa : 20 ke atas |
| Perusahaan saya akan memberikan kepuasan dalam hal: 1. Model pakaian yang Up to Date 2. Model dan Produk Terbatas (hanya ada di butik kami) 3. Memiliki discount pada banyak tertentu 4. Memiliki discount yang menarik di setiap pembelian yang mencapai jumlah yang telah ditetapkan 5. Lebih terjangkau 6. Menyediakan layanan konsultasi langsung dengan pihak butiq 7. Menerima request Item tertentu yang mungkin tidak ada di daftar pakaian 8. Sistem antar ke tempat dgn waktu yang cepat |
| Anaisis SWOT terhadap perusahaan saya : Analisis SWOT merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal (dalam) dan faktor eksternal (luar) yaitu Strengths, Weakness, Opportunities dan Threats. Metode ini paling sering digunakan dalam metode evaluasi bisnis untuk mencari strategi yang akan dilakukan. Analisis SWOT hanya menggambarkan situasi yang terjadi bukan sebagai pemecah masalah. Analisis SWOT terdiri dari empat faktor, yaitu: Strengths (kekuatan) - Produk produk yang di jual adalah produk berkualitas Import - Limited Produk - Harga yang ditawarkan sangat terjangkau - Memiliki berbagai potongan dan diskon - Mengirim barang tepat waktu - Bertanggung jawb atas produk yang bermasalah Weakness (Kelemahan) - Belum memiliki jarinan yang luas - Nama butik belum terkenal - Masih dalam tahap mencari pelanggan - Kendala dalam hal kepercayaan antara pelanggan dengan pihak Butik Opportunities (peluang) - Bergabung dengan butik yang sejenis (bekerja sama dalam produk) - Membentuk citra perusahaan dengan baik, dimana kita tahu pada saat ini banyak transaksi online dalam membeli barang dimana pelayanannya yang kurang efektif - Menjadi pemasok pada jenis usaha yang lebih kecil Threats (ancaman) - Banyaknya calon pelanggan/pelanggan yang melakukan penipuan dengan pihak Butik, dimana identitas pelanggan disamarkan - Data butiq yang hilang - Keterbatasan biaya dalam memulai bisnis tersebut |
Latihan 8
| Apakah anda sudah siap untuk memulai Usaha: |
| 1. Apakah anda telah memutuskan produk/jasa apa yang akan anda jual? Sudah Saya akan menjual produk jenis pakaian, sepatu, tas, assesories, celana untuk perempuan dan membuka sebuah butik dengan membuat toko onlinenya. |
| 2. Apakah anda sudah tahu siapa yang akan menjadi pelanggan anda? Sudah Yang menjadi pelanggan saya adalah para wanita remaja dan dewasa, dimana mereka adalah wanita yang mencintai fashion. |
| 3. Sudahkah anda menanyakan pelanggan anda yang potensial, apa pendapat mereka tentang produk/jasa anda? Sudah Pendapat mereka sangat menarik, dimana layanan yang akan diberikan mengutamakan kepuasan pelanggan, harga terjangkau, dapat berkomunikasi langsung dengan staff Gold’s Butique via internet dan megusulkan model yang diinginkan oleh pelanggan jika tidak ada di dalam daftar list. |
| 4. Apakah anda tahu siapa yang akan menjadi pesaing usaha anda? Tahu, Yang menjadi pesaing usaha saya adalah toko online jenis yang sama dengan Gold’s Butique, seperti pada saat ini banyak toko online jenis pakaian yang menawarkan berbagai macam pelayanan dan ide kreatif, dimana trik tersebut dapat memancing atau mengambil perhatian calon pelanggan atau pelanggan. Adapun beberapa nama butiq yang merajai internet adalah Toko bagus, Butikonlineku.com, The Reds Butique, store.co.id, dll |
| 5. Apakah anda tau berapa harga yang ditawarkan oleh pesaing anda? Tahu Pada Store.co.id adalah sebagai berikut:Untuk pakaian terusan seharga ± Rp 249.500,-Untuk Kaos seharga ± Rp 69.500,-Untuk kemeja lengan panjang ± Rp 78.000,-Untuk Tas ± Rp 78.000,-Untuk Blouse Kerja ± Rp 88.000,- Dimana harga diatas sudah dilakukan pemotongan diskon. |
| 6. Apakah anda tau kekuatan dan kelemahan pesaing usaha anda? Sudah Sblum memulai usaha kita harus mengedintifikasi saingan-saingan kita, sebagai referensi kita dalam memulai bisnis kita, jika tidak maka kita dapat memperoleh kegagalan atau tidak tercapainya tujuan utama perusahaan. |
| 7. Sudahkan Anda membuat perkiraan tentang penjualan Anda ? Sudah Saya memperkirakan hasil penjualan dari tahap awal dimana secara grafik harus meningkat, dan paling tidaknya menetap pada level yang sebelumnya. Hal ini dapat menjaga ke efisienan hasil penjualan pada Gold’s Butique. |
| 8. Apakah Anda telah memutuskan berapa harga barang atau jasa yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan Anda ? Sudah, dengan harga awal sebagai berikut: Untuk pakaian terusan seharga ± Rp 199.500,- sampai Rp. 278.000Untuk Kaos seharga ± Rp 59.500,- sampai Rp. 123.000Untuk kemeja lengan panjang ± Rp 68.000,- sampai Rp. 240.000Untuk Tas ± Rp 69.000,- sampai Rp. 1.300.000Untuk Blouse Kerja ± Rp 76.000,- sampai 320.000 |
| 9. Apakah Anda telah memilih lokasi usaha ? Sudah Pusat kota dimana tempat tersebut banyak disinggahi oleh wanita khususnya wanita remaja dan wanita muda atau tempat perkumpulan-perkumpulan para wanita untuk menghabiskan waktunya. |
| 10. Apakah Anda telah memilih cara pendistribusian yang akan digunakan untuk barang atau jasa Anda ? Sudah Pendistribusian dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: a. Membuka penjualan di pameran-pameran dan bazar b. Menerima pemesanan atau memasok pada toko-toko yang menginginkan produk Gold’s Butique untuk mereka jual kembali. c. Mendukung acara fashion-fashion tertentu d. Mendukung kegiatan-kegiatan tertentu dan menjual produk di daerah tersebut |
| 11. Apakah Anda telah memutuskan jenis promosi apa yang akan Anda gunakan ? Promosi membutuhkan budget, namun budget yang besar belum tentu efektif jika tidak dapat menjangkau target market, yang ada malah membuat harga barang menjadi semakin mahal dan tidak kompetitif. Menurut saya, promosi yang terbaik dan paling murah adalah pertemanan kita. Bisa dengan menghadiri arisan, pertemuan organisasi wanita karena disanalah waktu yang tepat untuk menjaring prospek. Meminjamkan baju untuk sesi pemotretan atau shooting sinetron atau infoteinment juga sangat efektif dan tidak memakan biaya besar. Mengikuti pameran dan bazar juga sangat ampuh namun biaya yang dikeluarkan tidak sedikit malah kadang tidak langsung seketika berdampak pada butik. Iklan di majalah atau surat kabar juga sangat efektif, namun berbiaya besar, sehingga perhitungannya harus cermat dan matang. |
| 12. Apakah Anda tahu berapa biaya promosi yang akan Anda gunakan ? Sudah Jumlah biaya promosi harus di minimalis namun menghasilkan promosi yang sampai pada tujuan utama promosi. dana promosi tidak akan melewati keuntungan yang di dapatkan pad Gold’s Butique. |
| 13. Apakah Anda telah memutuskan bentuk usaha resmi yang akan digunakan untuk usaha Anda ? Belum |
| 14. Apakah Anda telah memutuskan karyawan apa yang Anda perlukan ? Sudah Jika butik kecil bisa meminta bantuan anggota keluarga, saudara atau teman untuk menjaga jika kita berhalangan, namun kalau sudah semakin besar kita harus menggaji pegawai. Saya akan memastikan asal usul pegawai yang akan saya terima, sehingga jika terjadi suatu masalah saya tahu kemana harus mencari dan menuntutnya. memastikan pegawai tersebut ramah dan penuh inisiatif, dan sudah di training etiket dan pengetahuan mode dan trend. Saya sering ke butik yang sangat mewah namun pegawainya kurang cekatan, saya jadi tidak berniat lagi, dimana tadinya ingin senang malah membuat saya kecewa, maka saya langsung balik badan untuk keluar dari butiq tersebut, Saya sadar mencari pegawai itu seperti mencari jodoh. Kadang sudah cocok, dia sudah pintar dan langganan sudah cocok sama dia, malah dia dirampok oleh kompetitor kita. Oleh karena itu saya harus membuat kiat-kiat tertentu agar karyawan yang demikian tetap betah bekerja di butiq saya. Saya akan membagi pegawai dengan posisi, ada yang khusus ngurusin stock barang, staff admin untuk pelanggan via Online dan keuangan dan pastinya orang yang jujur. Saya juga harus membuat mekanisme untuk meminimalisir kecurian. Pengalaman pihak butiq justru lebih sering kecurian oleh pegawai dari pada pengunjung. Pencurian memang tidak dapat dicegah, namun saya percaya dapat diminimalisir dengan pengawasan ketat dan berkala. |
| 15. Apakah Anda tahu tanggung jawab formal yang berkaitan dengan karyawan Anda ? Tanggung jawab formal yang berkaitan dengan karyawan saya adalah |
| 16. Apakah Anda tahu semua persyaratan formal bagi usaha Anda ? Tidak tahu semua, namun beberapa saya tahu yaitu: - Memiliki surat ijin usaha - Memiliki NPWP |
| 17. Apakah Anda tahu ijin usaha/sertifikat apa yang Anda perlukan ? Sudah, namun hanya sebahagian yaitu: - Surat ijin dari RT/RW setempat |
| 18. Apakah Anda tahu berapa biaya untuk ijin usaha/sertifikat ? Belum mengetahui secara pasti, namun tetap akan dibuat ijin usaha pada Gold’s Butique. Jika diperhitungkan secara kasar, biayanya kisaran Rp..1.000.000. Perusahaan selalu berupaya agar menghindari gangguan dalam usahanya melalui perpajakan atau peraturan. Dengan melakukan sesuatu kebenaran secara sukarela maka mereka akan dapat meyakinkan pemerintah dan masyarakat luas bahwa mereka sangat serius dalam memperhatikan masalah kesehatan dan keselamatan, diskriminasi atau lingkungan hidup maka dengan demikian mereka dapat menghindari intervensi. |
| 19. Apakah Anda telah memutuskan jenis asuransi yang diperlukan untuk usaha Anda ? Sudah, Saya akan mengikuti asuransi unit link, dimana unit link adalah produk gabungan antara asuransi dan investasi pada reksadana. Namun sebelumnya saya tentu harus pecah dulu produk unit link dan membandingkannya satu per satu dengan saingan. |
| 20. Apakah Anda tahu berapa biaya untuk asuransi yang Anda perlukan ? Belum |
| 21. Apakah Anda telah membuat prediksi penjualan pada tahun pertama ? Sudah Pada tahun pertama, Gold’s boutique hanya mengambil sedikit keuntungan, dimana teknik ini menarik minat pelanggan untuk mencoba dan nyaman berbelanja di butik saya, maka untuk kelanjutanya saya susun srategi untuk mendapat pendaptan yang lebih baik lagi namun tetap mempertahankan pelanggan dengan pelayanan terbaik . |
| 22. Apakah Anda telah membuat prediksi pendapatan dari penjualan pada tahun pertama ? Sudah Jika pada tahun pertama dimana memiliki lama waktu 12 bulan, maka untuk 2 bulan pertama saya hanya mengambil untung sedikit karena titik utama saya adalah mencari pelanggan agar pelanggan tersebut menjadi pelanggan setia butik saya, dan menawarkan pelayanan-pelayanan yang menarik, agar pelanggan puas dan merasa senang berada di butik saya. Dan untuk bulan ketiga dan keempat akan sedikit meningkat dan tetap perlahan-lahan, dan mempertahankan pelayanan terbaik untuk pelanggan, karna kepuasan pelanggan sangat diutamakan dimana pelanggan dulayani dengan baik maka biasanya pelanggan tidak agan keberatan untuk mengeluarkan uangnya walaupun harga yang semakin lama akan semaki tinggi, namun tetap menjaga kestabiln harga produk yang akan dijual. |
| 23. Apakah Anda telah membuat rencana keuntungan dan kerugian pada tahun pertama ? Belum |
| 24. Apakah rencana keuntungan dan kerugian menunjukkan keuntungan pada tahun pertama ? Rencana keuntungan dan kerugian pada tahun pertama belum diketahui karena masih merupakan bisnis planning, dimana bisnis tersebut masih dalam tahap perencanaan. |
| 25. Apakah Anda telah membuat rencana cashflow ? Rencana cashflow harus dibuat pada usaha, karena sangat efisien untuk menunjukkan rotasi pergerakan usaha butik tersebut dan agar mengetahui arus kas atau pendapatan dan kerugian yang terjadi pada Gold’s Butique. |
| 26. Apakah rencana cashflow menunjukkan bahwa Anda tidak akan menggunakan uang keluar pada enam bulan pertama dalam pelaksanaan usaha Anda ? Belum dapat saya diketahui. |
| 27. Apakah Anda telah menghitung jumlah modal awal yang Anda perlukan untuk memulai usaha ? Saya telah menghitung dengan perkiraan dengan total Rp. 150.000.000 |
| 28. Apakah Anda telah mengumpulkan dana untuk semua modal awal bagi usaha Anda ? Belum Saya belum memiliki modal untuk memulai usaha ini. |
| 29. Apakah Anda telah membuat perkiraan nilai aset yang dapat Anda gunakan untuk jaminan apabila Anda meminta pinjaman ? Belum |
| 30. Apakah Anda merasa yakin untuk memulai usaha Anda ? Belum |
Latihan 9
Mengedintifikasi Pelanggan
| Karakteristik | Profil Pelanggan |
| Siapa yang akan menjadi pelanggan anda | Yang menjadi pelanggan saya adalah kaum wanita muda |
| Berapa umur pelanggan anda? | Remaja umur 15tahun sd 21tahun Dewasa umur 21 ke atas |
| Jenis kelamin pelanggan? | Perempuan |
| Lokasi? | Keberhasilan suatu usaha sangat ditentukan oleh lokasi usaha tersebut. Setelah menentukan target baru memilih lokasi di mana target berkumpul. Misalnya, jika kita menjual barang untuk ABG lokasi terbaiknya adalah didekat sekolah favorit, bukan di Senci atau di Kemang. Jika target kita very high society, tempat yang pas adalah tempat yang sekelas Senci, bukan di ITC Cempaka Mas Maka dengan itu, saya memilih lokasi di pusat kota, dimana tempat tersebut banyak disinggahi/dilalui dan merupakan tempat para wanita remaja dan dewasa untuk berkumpul. |
| Tingkat gaji pelanggan? | - |
| Kapan pelanggan membeli produk anda? | Kapan saja dan dimana saja, pelanggan dapat membeli produk Gold’s boutique. Jika pelanggan masih ragu jika hanya melihat dari internet, maka calon pelanggan/pelanggan dapat mendatangi toko Gold’s butikque. |
| Berapa harga yang mau dibayar oleh pelanggan? | Perilaku konsumen yang teramati dari pembelian konsumen merupakan salah satu tahap dari proses pembuatan atau pengambilan keputusan konsumen ( consumer decision making ). Proses pengambilan kepurusan konsumen meliputi serangkaian kegiatan mulai dari identifikasi kebutuhan pencarian alternatif, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan evaluasi perilaku purna beli, maka belum dapat diketahui nominal uang, dimana pelanggan akan membeli barang tertentu. Karena masing-masing dari item memiliki harga yang berbeda-beda. |
| Berapa banyak pelanggan yang akan membeli? | Belum dapat dijelaskan dengan jumlah pelanggan yang akan datang, maka pada penjualan akan dibuat target tertentu, sehingga dapat di tafsir berapa banyak pelanggan yang akan membeli, namun itu dpat diketahui pada saat usaha tersebut sudah berjalan minimal selama 1 bulan. Dimensi-dimensi Dalam Pencarian Oleh Konsumen Kadar Pencarian adalah Berapa banyak merek yang diperiksa?, Berapa banyak toko yang dikujungi, Berapa banyak atribut yang dipertimbangkan, Berapa banyak sumber informasi yang dikonsultsikan?, Berapa banyakwaktu dihabiskan dalam pencarian?, Arah Pencarian, Merek mana yang diepriksa?, Toko mana yang dikunjungi? Atribut mana yang diertimbangkan?, Sumber informasi mana yang dikonsultasikan?, Urutan Pencarian, Dalam urutan apa merek-merek diperiksa?, Dalam urutan apa took-toko dikunjungi?, Dalam urutan apa informasi mengenai atribut produk diproses?, Dalam urutan apa sumber informasi dimintai pertimbangan? |
| Besarnya pasar yang akan datang? | Pasar yang akan datang dapat dipastikan akan meningkat, dan penawaran yang diberikan akan semakin bersaing. Maka Gold’s boutique harus inovatif dan kretatif untuk mempertahankan tingkat penjualan dan bahkan meningkatkan tingkat penjualan. |
Latihan 10
Mengedintifikasi Pesaing
| Karakteristik Pesaing | Produk Usaha saya | Produk Pesaing A | Produk Pesaing B | Produk Pesaing C |
| Nama : Alamat : Telepon: | Gold’s Butique Medan 0622-4583972 | Store.co.id Jakarta (+62) 21280400 | Shoppingholic Butik Jakarta 082454637737 | Butik Shop Semarang 089655441043 |
| Harga | Rp.100.000 sd Rp. 156.000 | Rp. 245.000 sd Rp. 389.000 | Rp. 220.000 sd Rp. 379.000 | Rp. 350.000 sd Rp. 680.000 |
| Kualitas | Import | Import | Import | Import |
| Ketersediaan | Tersedia berbagai warna dan ukuran | Tersedia berbagai warna dan ukuran | Tersedia berbagai ukuran | Tersedia berbagai ukuran |
| Pelanggan | Wanita remaja dan dewasa | Wanita dewasa | Wanita dewasa | Wanita dewasa |
| Keterampilan staff | Baik | Baik | Kurang baik | Kurang baik |
| Reputasi | Baik | Baik | Kurang baik | Kurang baik |
| Iklan | Melalui facebook, website, bajar, pameran dan acara tertentu lainya., | Facebook, | Facebook | facebook |
| Pengiriman | Antar termpat | Antar tempat | Antar empat | Antar tempat |
| Lokasi/tempat | Perkotaan (medan) dan internet | Jakarta dan via Internet | Internet | internet |
| Penawaran khusus (kredit, diskon) | Kredit dan Diskon | Diskon | Kredit dan diskon | Kredit dan diskon |
| Layanan puma jual | Barang terlebih dahulu dikirim, baru uang akan di trasfer | Ada uang maka barang dikirim | Ada uang maka barang dikirim | Ada uang maka barang dikirim |
| Peralatan | Tidak pasti | Tidak pasti | Computer online | Computer online |
| Jumlah penjualan | Tidak pasti | Tidak pasti | Tidak pasti | Tidak pasti |
Latihan 11
| Tulis semua produk, jasa atau jenis-jenis produk yang akan Anda jual melalui perusahaan Anda, dan tulislah karakteristik dari setiap produk, seperti : kualitas, warna, ukuran, kemasan, suku cadang, dan perbaikan. |
| Karakteristik | Produk, jasa atau jenis-jenis produk | |||
| 1 | 2 | 3 | 4 | |
| Kualitas | Import | Interlokal | Lokal | Rendah |
| Warna | Bervariasi | Bervariasi | Bervariasi | Bervariasi |
| Ukuran | Semua ukuran | Semua ukuran | Terbatas | Terbatas |
| Kemasan | Unik | Unik | Unik | Biasa |
| Suku cadang | Ada | Tidak Ada | Ada | ada |
| Perbaikan | Tersedia | Tersedia | Terbatas | Tidak tersedia |
Comments
Post a Comment